Header Ads

Kegiatan Open Defication Free Bersama Mentri Kesehatan

Pasuruan, LINTASBATASASURUAN.COM (10/05) Babinsa Desa Nyarik Koramil 0819/15 Winongan Sertu Sukarmin melaksanakan kegiatan ODF (Open Defication Free) bersama mantri kesehatan dan para perangkat Desa Menyarik Kecamatan Winongan Kabupaten Pasuruan di Dusun Brintik Lor  Desa Menyarik Kecamatan Winongan Kabupaten Pasuruan.


Menyampaikan Dinas Kesehatan Kabupaten Pasuruan untuk meningkatkan kualitas dan kuantitas dari lingkungan yang sehat dalam rumah tangga terus dilakukan, dan salah satunya adalah pemicuan program ODF (Open Defecation Free). Sosialisasi berlangsung di Balai Desa Menyarik dan dihadiri Babinsa Desa Menyarik Koramil 0819/15 Winongan Sertu Sukarmin

Dinas Kesehatan menjelaskan, bahwa perilaku buang air besar sembarangan termasuk salah satu contoh perilaku yang tidak sehat, seperti membuang kotoran atau tinja di ladang, hutan, semak – semak, sungai, pantai atau area terbuka lainnya dan dibiarkan menyebar mengkontaminasi lingkungan, tanah, udara dan air.

Bahan buangan atau tinja yang dikeluarkan dari tubuh manusia melalui anus sebagai sisa dari proses pencernaan makanan di sepanjang sistem saluran pencernaan, dan alam aspek kesehatan masyarakat, berbagai jenis kotoran manusia yang diutamakan adalah tinja dan urin karena kedua bahan buangan ini dapat menjadi sumber penyebab timbulnya penyakit.

Tujuan Kementerian Kesehatan telah menetapkan syarat dalam membuat jamban sehat, antara lain, tidak mencemari air, saat menggali tanah untuk lubang kotoran, usahakan agar dasar lubang kotoran tidak mencapai permukaan air tanah maksimum, tidak mencemari tanah permukaan, tidak buang besar di sembarang tempat, seperti kebun, pekarangan, dekat sungai, dekat mata air, atau pinggir jalan.

Seluruh warga Dusun Brintik Lor Desa Menyarik Kecamatan Winongan Kabupaten Pasuruan bersama-sama meninjau dan mendata warga masyarakat yang belum memiliki jamban, guna mencarikan solusi yang terbaik kedepan. 


Pewarta : Fery

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.