Header Ads

Ini Syarat Mutlak Kandidat Pesawat Tanker Yang Ingin Dimiliki TNI AU

TNI Angkatan Udara sedang mencari kandidat pesawat tanker pengganti C-130B yang sudah mengerucut pada tiga kandidat yaitu Airbus A330 MRTT, KC-46 Pegasus, dan Il-78M-90.
Namun sebelum menjagokan gacoan masing-masing, sudah tentu kita harus memahami, seperti apa sih pesawat tanker yang dicari oleh TNI AU? Maklum, pilih pesawat seperti memilih jodoh dengan mempertimbangkan bibit, bebet, bobot karena usia pemakaian yang lama.


Nah, dalam mencari pesawat tanker ternyata TNI AU merujuk pada Surat Keputusan KSAU No. Kep/344/V/2014 tanggal 5 Mei 2014 mengenai Buku Petunjuk Pelaksanaan TNI AU tentang Operational Requirements Alutsista dan Non Alutsista.

Mengenai pesawat tanker, pertama-tama TNI AU mencari pesawat tanker dengan kemampuan angkut bahan bakar di dalam bodi pesawat sebanyak 20 ton, agar mampu mengisi penuh dua jet tempur sekelas Su-27/30 dalam menjalankan misi.
Yang kedua, TNI AU mencari tanker yang memiliki dua sistem sekaligus, dengan boom atau tiang untuk mengisi bahan bakar jet tempur jenis F-16, dan drogue & chute untuk mengisi Su-27/30 dan Hawk 209.

Pengisian harus dapat dilakukan di ketinggian rendah, sedang, dan tinggi, serta dapat melakukan hot refueling atau pengisian bahan bakar dengan mesin pesawat menyala saat berada di darat.
Persyaratan ketiga, pesawat tanker haruslah dilengkapi dengan peralatan komunikasi dan navigasi, serta radar yang memadai sehingga bisa menuntun pesawat yang akan menerima bahan bakar ke ARCP (Air Refuelling Control Point) atau titik pertemuan pesawat tanker dan pesawat penerima.
Sementara syarat keempat dan yang tak kalah penting, pesawat tanker harus dilengkapi dengan peralatan peperangan elektronika (pernika) dan juga sistem pertahanan diri seperti jammer, chaff, dan flare untuk bisa mempertahankan diri dari ancaman pesawat tempur lawan. (Aryo Nugroho)

Sumber : c.uctalks.ucweb.com

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.