Header Ads

Danramil Puspo Hadiri Sosialisasi Pilkada Dan Pemberangkatan Pawai Ogoh-Ogoh


Pasuruan, LINTASBATASPASURUAN.COM (16/03) Danramil 0819/16 Puspo menghadiri kegiatan Upacara Tawur  Agung Kesanga dalam rangka memperingati hari nyepi tahun baru saka 1940 Kabupaten Pasuruan tahun 2018, sosialisasi  pemilihan gubernur dan wakil gubernur Jatim, Bupati dan wakil Bupati Pasuruan tahun 2018 oleh KPU Kab. Pasuruan kemudian   dilanjutkan dengan pemberangkatan pawai  ogoh - ogoh menuju pura masing -masing di Desa Tlogosari Kecamatan Tosari yang diikuti -+ 5.000 orang dengan ketua penyelenggara Bpk.Parji,ST.

Pelaksanaan kegiatan tersebut diikuti oleh Drs Agung Mariyono,MSI (Kepala dinas pariwisata Kab.Pasuruan), Drs.Irawan,M.PD (Ketua Parisada Hindu  Darma Indonesia), Kapten Inf. Eka (Danramil 0819/16 Puspo) dan Muspika Kecamatan Tosari, FKUB Kab.Pasuruan,  Titin (Komisionaris KPU Kab.Pasuruan), Ahmari ( Ketua Panwaslu Kab.Pasurun) dan Tokoh agama dan tokoh masyarakat Kec. Tosari.


Dalam pelaksanaan Ketua penyelenggara  Parji,ST menyampaikan sambutan  yang intinya bahwa kegiatan pada hari ini merupakan kegiatan Upacara Tawur Agung Kesanga dilanjutkan dengan arak-arakan ogoh - ogoh dalam rangka memperingati hari nyepi tahun baru saka 1940 Kab.Pasuruan tahun 2018 Kab.Pasuruan,  rangkaian kegiatan yang telah dilaksanakan yaitu pada tanggal 14 Maret 2018 telah dilaksanakan upacara melasti di petirtan gua widodaren yang dihadiri oleh pendeta seluruh Tengger.

Tak lupa Ketua Parisada Hindu  Darma Indonesia Drs.Irawan,MPD menyampaikan sambutan yang intinya sangat bangga setiap tahun kegiatan tawur agung kesanga  keramaiannya dan  kekhidmatanya semakin meningkat  yang dipimpin oleh pandita, Kegiatan Upacara Tawur Agung Kesanga dalam rangka memperingati hari nyepi Kab.Pasuruan dilaksanakan setiap tahun yang dipusatkan di Kec.Tosari, semoga dengan catur  brata penyepian tahun ini menjadikan hati kita lebih suci lagi.

Sementara itu Camat Tosari Taufiqul Ghoni,SE,MSI menyampaikan sambutan yang intinya Semoga kegiatan bisa menjadikan kita lebih menyatu dengan alam  dan kita bisa hidup lebih baik lagi dari tahun ketahun,kegiatan pada hari ini kita bisa menjauhkan diri dari  kebathilan serta sirna mejadi kebaikan dan keselamatan.

Kegiatan selanjutnya hiburan tari basuki langgeng yang kemudian dilanjutkan Sosialisi terkait pilkada tahun 2018 oleh ibu Titin (Komisionaris KPU Kab. Pasuruan) yang intinya meginggatkan kembali pada tanggal  27 juni 2018 akan dilaksanakan pemilihan Gubernur dan wakil gubernur Jatim serta Bupati dan wakil Bupati  Pasuruan, untuk TPS dibuka mulai Pukul  07.00 Wib s.d Pukul  13.00 Wib,  kita nanti  akan diberikan 2 surat suara yaitu surat suara pemilihan gubernur dan wakil gubernur serta surat suara  Bupati dan Wakil bupati Pasuruan,kita harus membuka surat suara dan  mencoblos salah satu calon, semua harus datang ke TPS untuk menyempatkan diri untuk mencoblos karena suara kita adalah masa depan kita.

Kegiatan sosialisasi selesai kemudian pemberangkatan pawai ogoh - ogoh menuju pura masing masing desa.

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.