Header Ads

Anda Anyang-Anyangen? Kenali Gejalanya, Waspadai Akibatnya

Waspadai Gejala Anyang-anyangan, Anyang-anyangan tidak selalu menimbulkan gejala yang spesifik. Namun kondisi berikut secara umum dapat menjadi tanda-tanda Anda bisa jadi mengalami anyang-anyangan. Hal ini disebabkan uretra atau saluran kencing yang meneruskan urine dari kandung kemih ke bagian luar tubuh terletak dekat dengan anus. Membilas dari belakang ke depan mengakibatkan bakteri dari usus besar, seperti E.coli, dapat keluar dari anus dan masuk ke saluran kencing. Bakteri ini kemudian  menginfeksi kandung kemih yang jika tidak segera diobati juga dapat menginfeksi ginjal.


Ciri-ciri anyang-anyangen, Hasrat berlebih untuk buang air kecil., Buang air kecil lebih sering, tapi dengan volume sedikit-sedikit., Nyeri pada panggul jika terjadi pada wanita.
Jika terjadi pada pria, akan menimbulkan gejala nyeri pada anus., Rasa perih ketika buang air kecil.

Urine berbau menyengat, lebih pekat, kadang-kadang mengandung darah.
Merasa lelah dan kurang sehat dan Demam.

Selain itu, infeksi ini dibagi berdasarkan bagian sistem kemih mana yang terinfeksi sehingga mengakibatkan gejala-gejala yang berbeda, seperti:

Ginjal (pielonefritis akut): nyeri pada pinggang belakang atas, demam tinggi, mual, muntah.
Kandung kemih (sistitis): perasaan tidak nyaman pada perut bagian bawah, panggul terasa seperti ditekan, buang air kecil berulang kali dan terasa nyeri, serta adanya darah pada urine.
Saluran kencing (urethritis): kemaluan terasa perih saat buang air kecil. Penyebabnya sama, yaitu akibat menyebarnya bakteri sistem gastrointestinal dari anus ke saluran kemih.
Karena posisi saluran kemih berdekatan dengan vagina, penyakit menular seksual seperti chlamydia (klamidia), gonore, dan herpes juga dapat menyebabkan uretritis.


Risiko seorang wanita terkena anyang-anyangan sepanjang hidupnya mencapai 50 persen. Kebanyakan perempuan juga berisiko mengidap kondisi ini berulang kali bahkan hingga bertahun-tahun.

Sering membilas kemaluan dari belakang ke depan setelah buang air? Segera hentikan kebiasaan ini karena bisa menyebabkan anyang-anyangan atau infeksi saluran kencing (ISK).   (aladokter.com)

ORIGINAL LINK :  Nyeri Saat Anda Buang Air Kecil, Wapadai Anyang-anyangen

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.