Header Ads

Mount Everest, Di Benua Asia Gunung Dengan Puncak Tertinggi Di Dunia

Mount Everest merupakan gunung tertinggi di Bumi. Gunung ini terletak di pegunungan Mahalangur (Nepal) dan memiliki ketingginan 8.848 meter di atas permukaan air laut. Mount Everest menarik minat banyak pendaki gunung, baik pendaki berpengalaman maupun pemula.

Biasanya pendaki pemula akan menyewa penunjuka jalan profesional untuk menemani pendakian. Tantangan yang akan dihadapi oleh pendaki biasanya adalah sakit ketinggian, cuaca yang kurang bersahabat, angin maupun longsor. Nama lain dari gunung ini adalah Samargatha dan Chomolungma

Didaki pertama kali: 29 Mei 1953


Jajaran pegunungan: Pegunungan Himalaya, Mahalangur Himal

Pendaki pertama: Tenzing Norgay, Edmund Hillary (nationalgeography)

Radhanath Sikdar, juru ukur dan pakar matematika dari Bengal, merupakan orang pertama yang menyatakan Puncak Everest sebagai puncak tertinggi melalui perhitungan trigonometrik pada 1852. Perhitungan ini dilakukan menggunakan teodolit dari jarak 150 mil jauhnya di India. Sebagian rakyat India percaya bahwa puncak tersebut semestinya dinamakan menurut Sikdar, bukan Everest.

Gunung ini mempunyai ketinggian sekitar 8.850 m; walaupun terdapat variasi dari segi ukuran (baik pemerintah Nepal maupun Tiongkok belum mengesahkan ukuran ini secara resmi, ketinggian Puncak Everest masih dianggap 8.848 m oleh mereka). Gunung Everest pertama kali diukur pada tahun 1856 mempunyai ketinggian 8.839 m, tetapi dinyatakan sebagai 8.840 m (29.002 kaki). Tambahan 0,6 m (2 kaki) menunjukkan bahwa pada masa itu ketinggian yang tepat sebesar 29.000 kaki akan dianggap sebagai perkiraan yang dibulatkan. Perkiraan umum yang digunakan pada saat ini adalah 8.850 m yang diperoleh melalui bacaan Sistem Posisi Global (GPS). Gunung Himalaya masih terus bertambah tinggi akibat pergerakan lempeng tektonik kawasan tersebut.

Gunung Everest adalah gunung yang puncaknya mencapai jarak paling jauh dari paras laut. Dua gunung lain yang kadangkala juga disebut sebagai "gunung tertinggi di dunia" adalah Mauna Loa di Hawaii, yang tertinggi jika diukur dari dasarnya pada dasar tengah laut, tetapi hanya mencapai ketinggian 4.170 m atas paras laut dan Gunung Chimborazo di Ekuador, yang puncaknya 2.150 m lebih tinggi dari pusat bumi dibandingkan Gunung Everest , karena Bumi mengembung di kawasan khatulistiwa. Bagaimanapun juga, Chimborazo hanya mencapai ketinggian 6.272 m di atas paras laut, sehingga bahkan bukan merupakan puncak tertinggi di Andes.

Dasar terdalam di lautan lebih dalam dibandingkan ketinggian Everest: Challenger Deep, terletak di Palung Mariana, begitu dalam hingga seandainya gunung Himalaya diletakkan di dalamnya, masih terdapat hampir 1,6 km air menutupinya.  (wikipediabahasaindonesia)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.