Header Ads

BABINSA DESA CUKURGONDANG HADIRI EVALUASI MOBILE VCT



Pasuruan, (15/12) Masalah HIV AIDS di Indonesia adalah salah satu masalah kesehatan nasional yang memerlukan penanganan bersama secara komprehensif. Sejak 10 tahun terakhir, jumlah kasus AIDS di Indonesia mengalami lonjakan yang bermakna.

 Hal ini menuntut perhatian semua pihak, terutama para tenaga kesehatan yang memberikan layanan kesehatan bagi pasien HIV AIDS. Salah satu bentuk layanan tersebut adalah konseling dan tes HIV yang bertujuan tidak hanya untuk menegakkan diagnosis namun juga memberikan konseling untuk mendapatkan terapi dan menangani berbagai masalah yang dihadapi oleh pasien.

Layanan tes dan konseling HIV yang banyak dilakukan saat ini masih dalam bentuk Konseling danTes HIV Sukarela (Voluntary HIV Counselling and Testing/VCT), yang dilakukan di sarana kesehatan (RS, Puskesmas dan Klinik), VCT Mobile.

Kodim 0819 Pasuruan melalui Babinsa Desa Cukurgondang (Sertu Saikoni) Koramil 0819/05 Grati menghadiri acara evaluasi mobile VCT yang diselenggarakan oleh Puskesmas Grati dalam rangka pencegahan penularan penyakit HIV/Adis kepada kelompok masyarakat resiko.

Dalam pelaksanaan tersebut penyampaian dari pihak Puskesmas Grati dr. Eko S Muhtar menyampaikan bahwa tenaga kesehatan merupakan komponen penting dalam pendekatan berbagai pelayanan kesehatan kepada pasien dengan HIV/AIDS.

"Karena itu, tenaga kesehatan harus memiliki kemampuan dalam menganalisis suatu persoalan dan merumuskan formulasi tindakan perencanaan yang efektif." kata dr. Eko menambahkan.


Anto.

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.