Header Ads

Letkol Mulliadi SH Menjadi Irup Dalam Upacara HUT TNI Ke 72 Di Lokasi TMMD Panditan


Pasuruan, di Lapangan Ds. Panditan Kec. Lumbang Kab. Pasuruan dilaksanakan Upacara peringatan HUT TNI ke 72 tahun 2017 sebagai Inpektur Upacara, Letkol Inf Mulliadi, S.H (Dandim 0819 Pasuruan) dan Perwira Upacara, Kapten Inf Suyono (Pasipers Kodim 0819 Pasuruan) serta Komandan Upacara, Kapten Arh Supriyono  (Danramil 0819/13 Wonorejo) yang diikuti + 250 orang personil TNI dan kelompok elemen masyarakat dengan tema" Bersama rakyat TNI Kuat, hebat, profesional, siap mewujudkan Indonesia yang berdaulat, mandiri, berkepribadian adil dan makmur ". Dengan susunan upacara :

a.  1 SST Korsik Kab Pasuruan.
b. 1 SST Pa kodim 0819/ Pasuruan.
c.  1 SST Ba/ Ta Kodim 0819/ Pasuruan.
d. 1 Pok PNS Kodim 0819/ Pasuruan.
e. 1 SSK TMMD.
f. 1 SST Pelajar gabungan SMAN 1 Lumbang .
g. 1 SST FKPPI Kab Pasuruan.
h. 1 SST Linmas.
i. 1 SST  Masyarakat.

Hadir dalam kegiatan antara lain :

a. Kapten Arh Nanang S ( Danramil0819/09 Lumbang).
b. AKP Muljono (Kapolsek Lumbang)
c. Bpk Agus Musadi ( Camat Lumbang).
d. Bpk Zainudin ( Kabkesbangpolkab Pasuruan).
e. Ibu  Eka Widia Ningrum ( Kades Panditan).
f. Toga dan Tomas kec Lumbang.

Dalam pelaksanaan upacara HUT TNI ke 72 tahun 2017 tersebut Inspektur Upacara menyampaikan amant dari Panglima TNI yang intinya :

a. Mengucapkan syukur ke hadirat Tuhan Yang Maha Esa atas segala limpahan rahmat, kesehatan dan kekuatan, sehingga pada hari yang berbahagia ini dapat menyelenggarakan upacara memperingati Hari Jadi ke-72 Tentara Nasional Indonesia dalam keadaan sehat wal'afiat.

b. Penyelenggaraan HUT TNI pada hakekatnya merupakan salah satu bentuk laporan pertanggungjawaban TNI kepada rakyat atas pembangunan kekuatan TNI yang telah dan sedang dilaksanakan, khususnya pada tahun anggaran 2017. Oleh karena itu, tema pokok pada kegiatan HUT ke-72 adalah "Bersama Rakyat TNI Kuat".

c. Makna yang terkandung di dalam tema tersebut adalah, TNI tumbuh dan berkembang, serta berjuang bersama rakyat. Inilah esensi ciri kesejatian TNI yang tidak boleh pudar di tengah-tengah arus globalisasi, yang terus bergerak secara dinamis. Kesejatian tersebut harus terus ditumbuhkembangkan dan diselaras-serasikan dengan pola pikir kehidupan masyarakat yang semakin modern sehingga kecintaan akan tetap terbangun sebagai modal pokok, karena bersama rakyat TNI kuat dalam menjaga dan melindung NegaraKesatuan Republik Indonesia.


d. Selama ini TNI telah dan akan terus memberikan sumbangsihnya kepada bangsa dan negara baik melalui Operasi Militer untuk Perang (OMP) ataupun operasi Militer Selain Perang (OMSP). Khususnya dalam tugas OMSP, berbagai tugas telah dilakukan oleh prajurit TNI dengan baik yang melebihi panggilan tugas.

e. Dalam kaitan tersebut TNI senantiasa membangun mekanisme kerja dan hubungan kelembagaan dengan segenap komponen bangsa dalam rangka meningkatkan ketahanan masyarakat dan ketahanan nasional. Para Prajurit, ASN dan segenap peserta upacara yang saya cintai dan banggakan,

f. Pembangunan kekuatan TNI terus dilaksanakan dalam rangka menjaga kesinambungan pembangunan pada tahap sebelumnya guna menuju pencapaian pembangunan Postur Ideal. Pembangunan kekuatan TNI tetap difokuskan kepada modernisasi Alutsista, pengembangan organisasi, pembangunan
ana prasarana terutama di pulau-pulau strategis yang disesuaikan dengan dinamika perkembangan lingkungan strategis dan ketersediaan anggaran.

g. Pembangunan Pulau Terluar tertentu yang bersifat strategis merupakan salah satu bentuk kebijakan pembangunan kekuatan TNI yang dijadikan pedoman guna mendukung pelaksanaan tugas pokok dan perannya sebagai alat pertahanan negara. Pembangunan prioritas pulau terluar tersebut adalah Pulau Natuna, Pulau Yamdena (Kota Saumlaki), Pulau Selaru, Pulau Morotai, Pulau Biak dan Kabupaten Merauke.

h. Selanjutnya mengenai kesejahteraan prajurit, pemerintah akan meningkatkan kesejahteraan prajurit TNI melalui peningkatan penghasilan dalam program  remunerasi, di bidang perumahan yang diwujudkan dalam bentuk rumah susun maupun perumahan non dinas melalui program kredit kepemilikan rumah sederhana sehat dengan mendapatkan bantuan untuk meringankan uang muka dari pemerintah. Para Prajurit, ASN dan segenap peserta upacara yang saya cintai dan banggakan.

i. Indonesia akan terus menghadirkan TNI  pada penyelesaian konflik internasional di bawah bendera PBB. Saat ini misi kemanusiaan yang sedang dilaksanakan kepada etnis Rohingya Myanmar upaya ini terus kita laksanakan dalam rangka memperbesar komitmen dan peran Indonesia dalam pemeliharaan perdamaian dunia sesuai amanah Pembukaan UUD Tahun 1945.

j. Dalam pelaksanaan tugas luar negeri, prajurit TNI yang tergabung dalam pasukan perdamaian PBB, berhasil karena dapat berbaur dan diterima keberadaannya oleh masyarakat setempat Hal ini menandakan bahwa keberadaan prajurit TNI selalu mendapat hati di lingkungan masyarakat sekitarnya, karena TNI selalu menjunjung tinggi kearifan lokal di manapun prajurit TNI berada.

k. Prestasi dan kineria optimal TNI yang telah mendapatkan penilaian positif dari masyarakat harus senantiasa dipertahankan, bahkan perlu ditingkatkan lagi di masa mendatang Implementasinya, prajurit TNI harus selalu menjadi suri tauladan dalam kepatuhan dan ketaatan terhadap ketentuan dan perundang-undangan yang berlaku dimanapun prajurit TNI berada dan bertugas.

l. Dari semua prestasi tersebut tentu berdampak pada terpeliharanya opinmasyarakat terhadap pengabdian TNI. Karenanya tidak diragukan lagi, dalam kurun waktu dua tahun terakhir ini publik tetap menilai bahwa TNI merupakan institusi yang paling dipercaya. Survei terakhir dilakukan oleh lembaga survei Center for Strategic and International Studies (CSIS) bahwa masyarakat menilai TNI sebagai institusi paling solid dan terpercaya kondisi seperti ini tentunya hasil kinerja estafet yang di ukir oleh pimpinan TNI dan Pejuang TNI yang dengan gigih dan sungguh mereformasi TNI yang harus dipertahankan dan ditingkatkan.

m. Guna meneguhkan hati dan menguatkan jiwa segenap prajurit TNI, saya ingatkan kembali dan instruksikan ha-hal untuk dipedomani sebagai berikut:

1) Pertama, tingkatkan keimanan dan ketakwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa sebagai landasan moral dan etika dalam pelaksanaan tugas, kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.

2) Kedua, tugas prajurit TNI sangat berkaitan langsung dengan tegak atau runtuhnya negara, bersatu atau bercerainya bangsa. Oleh karena itu, tempatkan tugas di atas segala-galanya karena tugas adalah kehormatan, harga diri dan kebanggaan.

3) Ketiga, junjung tinggi nilai dan semangat kebangsaan demi tetap kokohnya persatuan dan kesatuan bangsa, serta tetap tegaknya kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indonesia yang berdasarkan Pancasila Undang-Undang Dasar Republik Indonesia Tahun 1945.

4) Keempat, pegang teguh disiplin keprajuritan dengan berpedoman Sapta Marga, Sumpah Prajurit, Delapan Wajib TNI, taati hukum dan hormati hak asasi manusia.

5) Kelima, bina soliditas satuan tegakkan ranta komando dan mantapkan kesatuan komando di setiap strata kepemimpinan satuan TNI, sehingga terwujud loyalitas tegak lurus yang jelas dan tegas.

6) Keenam, selalu hadir di tengah-tengah masyarakat dengan aktif berperan menyelesaikan masalah dan memberikan kontribusi positif demi kemajuan satuan dan lingkungan dimanapun berada Lanjutkan hal-hal
positif yang telah terbina selama ini, selalu berinovasi dan berkreasi perkembangan terhadap Ilmu pengetahuan dan teknologi, sehingga mampu mengantisipasi segala bentuk ancaman proxy war dan cyber war, yang menjadi ancaman nyata bangsa saat ini.

7) Ketujuh, Laksanakan semua tugas dengan niat berbuat terbaik, berani, tulus dan ikhlas hanya untuk Negara kesatuan Republik Indonesia.  (Hilda)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.