ZHONG YUAN JIE , Acara Tahunan Warga Berebut Sembako Di Klenteng Kota Pasuruan

PASURUAN  | lintasbataspasuruan.ml -  Tempat ibadat Klenteng TITD Tjoe Tik Kiong Tri Darma di jalan. Lombok No. 7 Kel. Trajeng Kec. Panggungrejo Kota Pasuruan, telah dilaksanakan kegiatan Sembahyang Rebutan ZHONG YUAN JIE dan pembagian sembako. Pada Hari Selasa tgl 05 Sept 2017 pukul. 13.15 wib.

Kegiatan sembahyang rebutan ini adalah dalam rangka mendo'kan arwah para leluhur yang telah meninggal dunia,  Keluarga juga seluruh umat manusia di dunia & simpatisan untuk keberkahan / kebajikan dalam kehidupan.

Acara dimulai dengan Pembukaan yang ditandai dengan  membunyikan lonceng kebaktian sebanyak 3 x 6.dilanjutkan  Penyalaan Lilin di altar sembahyangan. Pembunyian lonceng 2x7 dimulai.
kemudian  Ritual sembahyang dipimpin oleh ibu Merling yang diikuti  segenap umat berdiri tegak menerima dupa.

Bersamaan pembagian dupa didiringi Nyanyian bersama Ya Tuhan Ku, Penaikan dupa di iringi " Wi Tik Tong Thiang". Petugas menancapkan dupa lalu  menyuguhkan surat doa kepada ketua upacara dan Segenap P a i.

Setelah itu  Penaikan surat doa & pembacaan nama2 para leluhur, Penyempunaan surat doa yg di iringi Thian Poo ( Tuhan Melindungi },  Pembakaran barang2 sbg persembahan wujud bakti. Dilanjutkan dengan pembagian sembako oleh panitia.

Selain warga masyarakat sekitar Klenteng dan warga kota Pasuruan hadir juga Ketua Yayasan ( Agus Sugiarto } Biksu SangHa Agung  dari Mojokerto, memberikan pencerahann,  ritual ini merupakan turun temurun dari leluhur nenek moyang kita  yang sudah ribuan tahun

Pengurus Yayasan Tri Dharma bersama  Umat budha dan simpatisan.membagikkan sembako kepada warga yang hadir sebagai. Penerima sembako sekitar  3.500 orang. Masing-masing orang menerima 1 (satu) paket sembako terdiri dari beras 2 Kg, indomie 2 bungkus & snack. Jumlah total sembako yg di bagikan sebanyak 3.500 paket.

Sejumlah petugas Keamanan memantau jalannya acara tersebut. Antara lain berasal dari Polsek Gadingrejo : 15 org. Koramil Gadingrejo: 5 org. Sat Ik Polres PasKota : 7 org.  Satsabhara : 6 org Panitia : 15 org.
> Linmas : 5 org. Kegiatan Pam dipimpin oleh   Kapolsek Gadingrejo. Kasat Intelkam Res Pasuruan Kota.

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.