Didatangi Si-Mokos, Warga Lokasi TMMD Terkesan


SIDOARJO, LINTAS BATAS -  Selain pembangunan, terutama satgas Tentara Manunggal Membangun Desa (TMMD), juga memiliki peran penting dalam memberikan wawasan terhadap para warga.

  Seperti yang terjadi di Desa Penatarsewu, Kecamatan Tanggulangin, Kabupaten Sidoarjo. Selasa, 10 April 2018. Selain disambut oleh para guru, kedatangan Sarana Interaksi Motor Komunikasi Sosial (Si-Mokos) di TK Aisyiyah 6, juga disambut ceria oleh para murid.

Dengan dikendarai oleh dua prajurit TNI-AD, kedatangan motor pintar tersebut, langsung ramai dikerumuni para siswa di lokasi tersebut. “Kedatangan motor ini (Si-Mokos, red), dalam rangka mendukung kegiatan program TMMD ke-101 di wilayah Kodim 0816/Sidoarjo,” kata Danramil 0816/06 Sidoarjo, Kapten Inf Dwi Umiyanto.

Selain itu, kata Kapten Dwi Umiyanto, tak hanya dilengkapi TV LED saja. Kendaraan pintar Si-Mokos tersebut, juga dilengkapi oleh berbagai macam buku yang berisi tentang wawasan kebangsaan.

“Semua buku tersebut, bebas dipilih dan gratis untuk dipinjam. Itu merupakan fungsi motor pintar ini,” tambahnya.

Sementara itu, sehubungan dengan hal tersebut, Komandan Satuan Tugas (Dansatgas) TMMD Sidoarjo, Letkol Inf Fadli Mulyono, S. IP, menambahkan, keberadaan Si-Mokos di lokasi TMMD tersebut, dinilai sangat tepat.

Dalam hal ini, kata Dandim 0816/Sidoarjo ini, tak hanya sebatas pembangunan saja. Namun, satgas TMMD, khususnya prajurit TNI, juga diwajibkan untuk menjalankan tugas Operasi Militer Selain Perang (OMSP), terlebih dalam hal teritorial maupun berinteraksi bersama warga yang berada di sekitarnya.

 “Banyak hal untuk menjalin komunikasi, salah satunya seperti kedatangan Si-Mokos ini. Selama berlangsungnya TMMD ini, seluruh satgas diwajibkan untuk membaur, berkomunikasi, sekaligus menerima saran dan pendapat dari warga yang berada di lokasi TMMD,” jelasnya.

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.