Anggota Koramil 0819/23 Sukorejo Amankan Kegiatan Cing Bing


Pasuruan, LINTASBATASPASURUAN.COM (01/04) Pukul 07.00 WIB  Bati Wanwil Koramil 0819/23 Sukorejo Pelda  Eddy Suheriyanto beserta 6 orang personel Koramil 0819/23 Sukorejo melaksanakan pengamanan kegiatan festival Cing Bing di Pemakaman warga Thionghoa Desa  Sukorejo dan Desa Karangsono  Kecamatan Sukorejo Kabupaten Pasuruan.

Bagi orang Tionghoa yang memiliki tradisi setia, berbakti, murah hati dan keakraban, hari raya Cing Bing adalah merawat, membersihkan makam untuk mengenang para leluhur.

Sedangkan bagi etnis Tionghoa yang berada di luar Tiongkok, setiap pada hari tersebut, kerinduan terhadap kampung halaman akan terasa lebih kental, jadilah perayaan Cing Bing sebagai tradisi orang Tionghoa untuk menelusuri dan mengenang suasana “kebudayaan leluhur”, di dalam kehangatan keluarga dan kerabat, menunaikan pengembalian identitas asal dan meneruskan akar nadi. 

Dalam masyarakat Tiongkok, diantara perayaan-perayaan tradisional yang ada, hari raya Cing Bing merupakan salah satu dari “8 perayaan” penting (antara lain: Imlek, Pek Cun yang terkenal dengan kue bakcang, Tiongjiu yang terkenal dengan kue Tiong Jiu Pia, dan lain-lain). Pada umumnya ditentukan pada 5 April tahun masehi, tetapi masa perayaannya cukup panjang, terdapat 2 macam ketentuan yakni 10 hari sebelum dan 8 hari sesudah atau 10 hari sebelum dan 10 hari sesudah, jumlah hari yang hampir 20 hari lamanya tersebut termasuk hari Cing Bing. 

Asal mula Hari Cing Bing bermuasal dari zaman Chun Qiu Zhan Guo (Musim semi-gugur dan negara saling berperang, abad 11–3 SM), adalah salah satu hari perayaan tradisional suku Han (suku mayoritas di Tiongkok), sebagai salah satu dari 24 Jie Qi (sistem kalender Tiongkok), waktunya jatuh antara sebelum dan sesudah 5 April Masehi.

Sehingga warga Tionghoa melaksanakan kegiatan festival Cing Bing di Pemakaman warga Thionghoa Desa  Sukorejo dan Desa Karangsono  Kecamatan Sukorejo Kabupaten Pasuruan. Dengan adanya kegiatan tersebut  Koramil 0819/23 Sukorejo mengamankan kegiatan Cing Bing tersebut agar pelaksanaan kegiatan tersebut berjalan aman dan kondusif.

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.