Inilah Andadio Prabowo Sang Pencipta Mars Babinsa

Bahkan, saat Bangun kembali menyanyi, pensiunan TNI AD dengan pangkat terakhir Pembantu Letnan Dua (Pelda) ini tak malu-malu, untuk berduet. Mereka menyanyikan dua bait mars itu secara bergantian dengan penuh penghayatan. Perasaan haru sekaligus bangga menyergap Andadio.

Andadio menceritakan, mars Babinsa ini diciptakan tahun 2004 lalu. Dia ini aktif dalam kelompok musik di lingkungan Kodim 0818 Kabupaten Malang dan Kota Batu. (malang-post.com)

Dandim 0818 Kabupaten Malang dan Kota Batu yang saat itu dijabat oleh Letkol Inf Basar Harto Karyawan, memintanya untuk menciptakan Mars Babinsa. Alasan Dandim agar lagu Babinsa diciptakan sebagai semangat para anggota Babinsa. Sebagai prajurit, Andadio pun langsung mengatakan siap.

Meskipun mengaku bingung, karena meskipun lama berkecimpung di dunia musik, dia belum pernah menciptakan lagu. Bak bertempur di medan perang, Andadio pantang menyerah. Dia memulai dengan membuat lirik. Semua hal tentang Babinsa, mulai dari arti kata Babinsa, tugas pokok serta fungsinya. Pribadi masing-masing Babinsa ditulis oleh bapak enam anak ini dengan penuh keyakinan.

Begitu tulisan itu jadi, dia membaaca kembali. Kata-kata yang tidak cocok langsung dicoret. ”Saya mengerjakannya di waktu senggang dan disela-sela tugas sebagai Batuud Koramil Lawang,’’ akunya. Begitu lirik telah jadi, kakek tujuh cucu ini pun mulai mencari nada. ”Pas menciptakan lirik saya cukup kesulitan, tapi saat menciptakan nadanya tidak,’’ kata pria kelahiran Surabaya, 26 Agustus 1956 ini.   (malangpost.com)

BACA JUGA: Kisah Lucu Abunawas Dan Enam Keledai Yang Pandai Berbicara

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.